Tips Mengatasi Jerawat dengan Madu

gambar-madu

Madu merupakan sejenis minuman yang diproduksi oleh lebah penghasil madu. Madu memiliki kandungan yang sangat bagus untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Berdasarkan hasil penelitian medis, madu mengandung komposisi kimia seperti hidrogen peroksida dan metilglikosal. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik yang apabila dioleskan pada permukaan kulit luka memiliki efek osmotik yaitu mencegah perkembangbiakan bakteri. Sedangkan metilglikosal adalah antibiotika penghambat bakteri merugikan. Kandungan kimia madu di atas, cocok digunakan untuk mengobati jerawat. Sebagaimana diketahui, jerawat dipicu oleh aktivitas bakteri berlebih pada permukaan kulit yang tersumbat pori-porinya. Bakteri penyebab jerawat akan makin berkembang biak dengan pesat apabila kebersihan permukaan kulit wajah tidak dijaga. Kulit yang kotor akibat debu, keringat atau bahkan sisa make-up dapat menyumbat pori-pori kulit dan hal ini akan memicu aktivitas bakteri untuk berkembang biak. Berikut ini beberapa metode dan tips mengatasi jerawat dengan madu, yaitu:

  • Obat oles. Cukup oleskan madu pada permukaan wajah yang sebelumnya telah dibersihkan dahulu dari kotoran dan bekas make-up. Kandungan hidrogen peroksida dan efek osmotik madu, mampu mencegah dan bahkan membunuh bakteri penyebab jerawat.
  • Masker madu yang ditambah dengan pepaya atau ketimun, dapat digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat akibat kandungan metilglikosal pada madu, sedangkan ketimun digunakan untuk mengendalikan produksi minyak berlebih pada permukaan kulit wajah. Jangan lupa untuk membersihkan kulit wajah terlebih dahulu.
  • Konsumsi langsung. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat digunakan sebagai detoksifikasi racun, menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit, serta pembunuh bakteri penyebab jerawat.

Itulah beberapa metode dan tips mengatasi jerawat dengan madu. Namun seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati maka ada baiknya melakukan tindakan pencegahan munculnya jerawat pada permukaan kulit daripada mengobatinya dengan rajin menjaga kebersihan kulit wajah dan menghindari makanan pemicu lemak berlebih.

Semoga bermanfaat.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.