Tips Mengatasi Jerawat dengan Lidah Buaya

lidah-buaya

Menangani jerawat memang hal yang agak susah, apalagi jerawat membandel. Jerawat yang tiba-tiba muncul pada permukaan kulit, memang mengganggu penampilan sekaligus menurunkan kepercayaan diri. Walaupun kadang berhasil ditangani, terkadang masih saja timbul bintik-bintik hitam pada permukaan kulit akibat bekas jerawat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat, namun terkadang faktor keamanan pemakaiannya yang seringkali dilupakan, sehingga akibat yang ditimbulkan justru makin parah, seperti iritasi kulit ataupun meningkatnya resiko terserang kanker kulit. Salah satu cara paling aman dalam mengatasi masalah jerawat adalah penggunaan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya.

Penggunaan lidah buaya dalam mengatasi jerawat yang paling sederhana adalah sebagai masker jerawat. Masker lidah buaya sangat bermanfaat dalam menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat, karena bahan-bahan alami yang terkandung dalam lidah buaya seperti berikut ini:

  • Flavanoid dan polifenol. Flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam lidah buaya, berguna sebagai antiseptik atau pembunuh bakteri penyebab jerawat, sehingga jerawat akan mudah disembuhkan.
  • Saponin dan tanin. Kandungan saponin pada lidah buaya berguna sebagai pembersih jaringan kulit yang terbuka. Jerawat yang terpencet kadang menimbulkan luka dan berpotensi menyebabkan infeksi, sedangkan kandungan tanin pada lidah buaya berfungsi mencegah infeksi. Saponin juga berfungsi menghilangkan bekas flek kehitaman.
  • Beta-karoten dan Vitamin C. Kandungan beta-karoten berguna untuk meregenerasi kulit, sehingga proses penyembuhan luka bekas jerawat akan semakin cepat dan tidak akan meninggalkan flek kehitaman bekas jerawat, sedangkan Vitamin C berguna sebagai katalisator polifenol dan flavanoid sebagai pembunuh kuman.

Penerapan metode masker lidah buaya sebagai salah satu tips mengatasi jerawat dengan lidah buaya diatas, juga memiliki beberapa keuntungan selain aman dan murah, yaitu bisa didapatkan secara gratis. Mengapa demikian? Tanaman lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman liar yang mudah dijumpai dimanapun, sehingga tidak diperlukan pengeluaran biaya untuk memperolehnya.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.