SRB 2020 Berbagi Bersama Alumni PIKIMat 2019

flyer-pikimat

Sabtu, 03/10/2020. Setelah sesi persiapan, maka tibalah saatnya eksekusi, yaitu membersamai rekan-rekan alumni PIKIMat 2019 dalam pertemuan virtual yang bertemakan “Sahabat Rumah Belajar Berbagi (Rumah Belajar dalam Inovasi Pembelajaran Matematika)”. Fokus kami adalah mengenalkan portal Rumah Belajar dan bagaimana inovasi pembelajaran matematika dengan Rumah Belajar. Sasaran dalam kegiatan pertemuan virtual ini adalah rekan-rekan guru matematika dari tingkat SD, SMP, SMK, dan SMA, yang merupakan alumni Pelatihan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif Pembelajaran Matematika tahun 2019. Sebanyak 30 peserta memenuhi room virtual ini. Dan serunya lagi kegiatan ini juga dihadiri oleh salah satu DRB Gorontalo Bapak Ridwan Djabar.

fitur rumah belajarPengenalan Fitur Lab Maya oleh Bapak Munawir

Kegiatan dibuka oleh moderator Bapak  I Wayan Suarma (SRB Bali 2020). Dan selanjutnya adalah sesi pemaparan mengenai pengenalan fitur-fitur Rumah Belajar oleh Bapak Munawir Patilima (SRB Gorontalo) Sesi pemaparan kedua saya diberikan kesempatan memaparkan inovasi pembelajaran matematika yang memanfaatkan sumber belajar dari Rumah Belajar. Saya mencoba memberikan tutorial membuat video interaktif berbasis H5P yang video basicnya diunduh dari sumber belajar Rumah Belajar. Dengan H5P ini kita dapat mem-pause video di waktu-waktu tertentu dan memunculkan ragam pertanyaan yang sesuai. Jika siswa sudah menjawab dengan tepat, baru video akan bisa dilanjutkan. Ragam pertanyaannya pun ada banyak jenisnya, diantaranya multiple choice, fill in the blank, hotspot, drag dan drop, matching, dan yang lainnya juga. Nanti hasil publish dari H5P ini bisa diberikan link-nya kepada siswa, sehingga pembelajaran berbasis video menjadi tidak monoton. Saat sesi diskusi Bapak Ridwan Djabar (DRB Gorontalo) juga memberikan ide untuk mengkolaborasikan hasil publish dari H5P ke kelas digital Rumah Belajar.

h5p dan rumah belajarPengantar Video Interaktif

Selanjutnya rekan-rekan SRB lain seperti Ibu Polinma Sihombing (SRB Sulawesi Tengah), Bapak Roechan (SRB Papua), dan Bapak Hirzan Hafiz (SRB NTB) juga menceritakan pengalaman beliau dalam mengenalkan Rumah Belajar ke anak didik dan lingkungan sekitar terutama memanfaatkan fitur  Edugame. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak jaman sekarang jika belajarnya dibarengi atau dikemas dalam bentuk permainan edukatif akan lebih mudah dalam proses membangun konsep secara mandiri.

Kegiatan yang dibalut suasana diskusi hangat dan kekeluargaan, menyukseskan acara ini. Bahkan ada request dari peserta untuk diadakan sesi lanjutan terkait H5P dan Rumah Belajar. Di akhir diskusi kami mengadakan kuis dengan aplikasi quizizz dengan pertanyaan seputar materi yang kami diskusikan sebelumnya. Dan diperoleh pemenang kuis yaitu :
Pemenang I : Bapak Syamsudin Arifin Noor (MIN Morowali Utara)
Pemenang II : Ibu Ratri Romadhona (SMAN 1 Mataraman)
Pemenang III : Bapak Ebiet (SMP St. Antonius Nabire)

Untuk Pemenang I berhak mendapatkan Buku “Bergerak dan Berbagi” karya antologi saya bersama rekan-rekan Finalis INOBEL 2019 lo. hehehe. Dan tidak lupa diakhiri dengan sesi foto bersama dengan pose Salam Sahabat Rumah Belajar pastinya.sahabat rumah belajar

Ringkasan daftar hadir peserta kegiatan bisa dilihat di : Daftar Hadir
Dan berikut adalah ringkasan respon peserta terhadap kegiatan

jenjang tugaskejelasan materikebermanfaatan materikesan peserta

Rekaman kegiatan bisa ditonton di

1 Komentar

Tinggalkan Balasan