Roadshow #6 | Kedatangan Sahabat dari Papua

Jumat, 16/10/20. Hari ini kita kedatangan Sahabat dari Papua. Berawal dari tawaran Bu Eka DRB Bali 2019, jika ada yang berminat untuk berkolaborasi dengan rekan SRB Papua bisa menghubungi Bu Restyn DRB Papua Bali 2019. Berbekal nomor kontak Bu Restyn, Pak Agus Suputrayasa mengundang Bu Restyn dan salah satu rekan SRB Bu Erlin untuk ikut berbagi di kegiatan roadshow sesi ke-6 kami di SMAN 2 Kuta. 

Kegiatan dimoderatori oleh Pak Wayan Suarma dan dibuka oleh Ibu Eva selaku Wakakurikulum SMAN 2 Kuta. Pemaparan sesi pertama diserahkan kepada Bu Erlin yang mengenalkan fitur-fitur Rumah Belajar secara detail. Beliau juga langsung mempraktikkan pemanfaatan Laboratorium Maya dalam pembelajaran. Selanjutnya Bu Restyn didaulat untuk menceritakan pengalaman mengajar beliau di Papua. Bagaiamana beliau mendatangi rumah siswa satu persatu dan harus menunggu siswa yang sedang bermain di laut. Diceritakan pula langkah kerjasama beliau dalam membersamai siswa selama pembelajaran jarak jauh, termasuk bekerjasama dengan radio setempat.

Pembagian Modul Manual untuk Siswa yang Minim Akses Internet di Papua

Pada sesi selanjutnya Pak Agus mengenalkan fitur tambahan dari RUmah Belajar seperti Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, dan juga fitur Edugame. Pak Agus juga mempraktikkan cara mengkolaborasikan sumber-sumber belajar tersebut ke dalam Google Classroom yang memang digunakan oleh guru-guru di SMAN 2 Kuta. Pada bagian akhir, sesuai dengan request khusus dari Pak Agus Suputrayasa, agar saya mengenalkan cara pembuatan evaluasi online berbasis Quizizz. Saya mengenalkan fitur terbaru Quizizz yang tidak hanya untuk kegiatan evaluasi tetapi juga bisa membuat bahan tayang yang interaktif yang bisa diselipkan pertanyaan-pertanyaan untuk siswa.  Dan juga bagaimana cara pengintegrasian Quizizz ke akun Google Classroom yang telah dimiliki guru.

Quizizz sebagai Bahan Tayang Interaktif

Daftar hadir kegiatan roadshow sesi ini dapat dilihat di : Presensi Sesi 6
Berikut merupakan cuplikan respon peserta kegiatan selama kegiatan berlangsung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.