Roadshow #5 | Memadukan Rumah Belajar dan LMS Mandiri Sekolah Menjadi Topik Favorit

Kamis, 15/10/20. Tak terasa untuk sesi Roadshow sudah memasuki sesi ke-5. Pada hari ini kami akan menyambangi SMK Pariwisata Triatma Jaya Dalung. Sekolah ini merupakan sekolah tempat mengabdi rekan kami Bapak Wayan Suarma. Pukul 13.00 WITA kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ibu Kepala Sekolah, Ibu Ni Luh Putu Yuli Hermayati. Beliau mengucapkan terima kasih karena Sahabat Rumah Belajar telah bersedia memberikan pengimbasan terkait pembelajaran berbasis TIK di SMK Pariwisata Triatma Jaya Dalung. Beliau juga mengharapkan rekan-rekan guru untuk menerapkan apa yang didapatkan pada sesi sharing ini dalam pembelajaran.

Pemaparan materi sesi pertama dilakukan oleh Pak Agus Suputrayasa mengenai pengenalan fitur-fitur Rumah Belajar. Pak Agus juga menjelaskan secara langsung bagaimana cara memanfaatkan sumber belajar, laboratorium maya, bank soal, ataupun peta budaya  ke dalam Google Classroom atau LMS Mandiri yang memang digunakan oleh sekolah. Tidak lupa juga cara menggunggah konten ke sumber belajar Rumah Belajar dipraktekkan langsung, dengan harapan Bapak/Ibu guru peserta bersedia ikut menyemarakkan konten Rumah Belajar.

Pengenalan Fitur Laboratorium Maya

Selanjutnya, pada sesi kedua Pak Wayan Suarma mengenalkan Live Worksheets kepada peserta. Melalui tutorial langsung, Pak Suarma mengajak peserta untuk mengenali jenis-jenis lembar kerja interaktif yang dapat dibuat dengan Live Worksheets, serta bagaimana cara membuat, membagikan kepada siswa, serta cara guru menerima hasil pekerjaan siswa.

Tutorial Live Worksheets

Pada sesi tanya jawab, salah satu peserta menanyakan bagaiman cara menampilkan fitur Laboratorium Maya dari Rumah Belajar ke LMS Mandiri sekolah tapi berupa tampilan interface yang bisa langsung dimanipulasi siswa langsung di LMS, bukan lagi link yang diarahkan ke luar LMS? Nah disini pak Agus Suputrayasa memberikan triger pengenalan awal H5P. Selanjutnya saya mencoba membantu mempraktekkan langsung melakukan embed link dari Laboratorium Maya ke blog pribadi saya yang berbasis wordpress. Karena memang H5P tersebut support di wordpress dan moodle, sedangkan LMS Mandiri di SMK Pariwisata Triatma Jaya Dalung ini berbasis moodle. Jadi saat berhasil di wordpress saya, berarti nanti untuk di LMS sekolah ini seharusnya tinggal ditambahkan pluginnya.

Laboratorium Maya pada Blog dengan Bantuan H5P

Daftar hadir kegiatan roadshow sesi ini dapat dilihat di : Presensi Sesi 5
Berikut merupakan cuplikan respon peserta kegiatan selama kegiatan berlangsung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.