PIKIMat 2019, Pelatihan Pertama di Luar Daerah

Serius, sampai tahun 2019, saya tidak pernah mengikuti pelatihan di luar daerah. Kalopun keluar daerah, paling itu jaman SMA, tour, atau ikut tes. Udik ya saya. hehehe…. Nah berawal dari ketidaksengajaan melihat teman yang posting tentang pelatihan yang diadakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK ) Matematika, tentang penyelenggaraan Pelatihan Publikasi Ilmiah dan Karya Inovasi Pembelajaran Matematika (PIKIMat), saya mengirimkan rancangan penelitian tentang Class Dojo saat itu. Dan astungkara lolos bersama 3 rekan lainnya dari Bali (1 guru SMA-saya, 2 guru SMK, dan 1 guru SD). Momen pertama akan selalu membekas dan menjadi kenangan yang tak terlupakan, selain momen pertama kalinya ikut pelatihan di luar daerah, juga momen pertama kalinya saya naik pesawat lo. hehehe…

Ah balik ke PIKIMat…. Nah PIKIMat ini berpola in-on-in, jadi kurang lebih 11 hari di bulan Mei 2019 kami mengikuti pelatihan seputaran kegiatan penelitian, publikasi ilmiah, dan karya inovatif, hingga sebelum pulang kami harus mengumpulkan proposal awal penelitian. Saya yang awalnya mengajukan penelitian tindakan kelas, akhirnya beralih menjadi penelitian pengembangan yang mengangkat topik etnomatematika dalam kain tenun ikat khas Bali yang disebut Endek Bali. Selanjutnya dalam rentang waktu Mei hingga Agustus, peserta pelatihan melakukan penelitian sesuai rancangan proposal yang dibuat dan tidak lupa membuat laporan hasil penelitiannya. Selanjutnya akhir Agustus kami diundang kembali ke PPPPTK Matematika untuk melakukan pelaporan hasil penelitian. Sebelum pelaporan hasil penelitian, kami  diberi pelatihan penyiapan artikel hasil penelitian dan juga bahan tayang pelaporan hasil penelitian yang akan kami presentasikan esok harinya. Serunya dan menjadi penambah semangat adalah bahwa 3 peserta terbaik dari masing-masing jenjang akan diundang kembali menjadi pembicara panel pada perhelatan Seminar Nasional Pendidikan Matematika atau yang lebih dikenal dengan SeNDiMat pada bulan November.

Dannnnnn…. taraaa….. saya lolos menjadi salah satu dari 3 peserta terbaik untuk jejang SMA, begitupula dua rekan saya yang berasal dari jenjang SMK. Ye kami kembali ke Jogja di bulan November.

Berangkat bersama tim dari Bali

Berpose di setiap area cantik PPPPTK Matematika

Sesi diskusi di kelas
Sesi Presentasi
Pengumuman 3 peserta terbaik pada masing-masing jenjang
Terima Kasih PPPPTK Matematika
Terima Kasih Jogja

By the way, ikon Kemdikbud kok ya pas dengan pose kami. hehehe….

Simak pula rekaman PIKIMat 2019 in Frame berikut.

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan