NgoPi Pahit | Ngobrol Inspirasi Paling Hits

Senin, 12/10/20. Seminggu sebelumnya saya dimasukkan ke grup “Moderator DRB Talk” oleh Bang Deni Ranoptri, Duta Rumah Belajar Terbaik 2018. Ternyata beliau bersama beberapa Duta Rumah Belajar seperti Bu Hanna, Bu Inggid, Bu Dona menginisiasi acara “DRB Talk”. Saya dan beberapa Sahabat Rumah Belajar dari seluruh Indonesia yang dipilih akan bertugas sebagai moderator kegiatan.

Bangga plus degdeg-an juga. Walaupun telah beberapa kali menjadi moderator kegiatan di IGI BaliTV yang sering melibatkan peserta secara nasional, namun mayoritas pesertanya tetaplah dari Bali. Jadi “DRB Talk” ini event nasional pertama saya sebagai moderator. Trus bangga juga yang ide singkatan NgoPi = Ngobrol Inspirasi itu usul saya lo, trus ditambahakn oleh rekan SRB lain dengan akronim PaHit = Paling Hits.

Kegiatan DRB Talk ini sedianya akan diadakan dalam 4 sesi yaitu dengan menghadirkan para DRB Terkreatif, Terinovatif, Terbaik, Terfavorit, masing-masing 3 DRB yang mendapat gelar “Ter-” pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Kegiatan dimulai pada Rabu 07/10/2020 dengan menghadirkan DRB Terkreatif, yaitu Pak Wahyudi (DRB Terkreatif 2017), Pak Fakhrudin Sujarwo (DRB Terkreatif 2018), dan Pak Asep Panji Lesmana (DRB Terkreatif 2019). Keynote Speaker saat itu menghadirkan dua orang PTP Pusdatin, yaitu Bu Tuti Alawiyah dan Pak Arif Darmawan. Sedangkan SRB yang bertugas yaitu Pak Berry Devanda (SRB Sumatera Barat), Pak Darusalam (SRB Sulawesi Selatan), Pak Erfan Widyas Saputra (SRB Maluku Utara), dan Bu Nurul Khatimah (SRB Kalimantan Selatan).

Untuk sesi ke-2 menghadirkan DRB Terinovatif, yaitu Pak Sigit Suryono (DRB Terinovatif 2018) dan Bu Asih Prihatin (DRB Terinovatif 2019). Keynote speaker dari Pusdatin yaitu Pak Gogot Suharwoto dan Pak Irfana Steviano. Sedangkan rekan SRB yang bertugas adalah Pak Fahrul Rozi (SRB Aceh), Pak Bayu Putra (SRB Kalimantan Tengah), dan Pak Vektor Realita (SRB Kalimantan Barat).

Nah saya bertugas di sesi ke-3 yang menghadirkan DRB Terbaik, yaitu Bu Roro Martiningsih (DRB Terbaik 2017), Pak Deni Ranoptri (DRB Terbaik 2018) dan Pak Jarnawi (DRB Terbaik 2019). Keynote speaker yang hadir saat itu adalah Bapak Plt. Kepala Pusdatin Kemdikbud RI, Pak Hasan Chabibie. Selain saya mewakili SRB Bali, rekan SRB yang bertugas adalah Stenly Sengkey (SRB Papua), Pak Berry Devanda (SRB Sumatera Barat), dan Pak Darussalam (SRB Sulawesi Selatan).

Satu hal yang dapat saya pelajari dari para Duta ini adalah kerendahan hati dan kesedian untuk terus belajar, dan keikhlasan dalam berbagi. Salut…

Sesi lanjutannya ada sesi DRB TerFavorit dan sesi PIC Sharing. Serunya pengalaman dari tutor-tutor Pusdatin selama menemani peserta PembaTIK dan tidak lupa diselipkan motivasi-motivasi yang sangat berharga juga tentunya.

\

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.