Manfaat Sehat Tertawa

bayi-tertawa

Tertawalah setiap hari agar badan tetap sehat. Ungkapan tersebut seringkali didengar pada saat sekarang. Dengan tertawa minimal dalam durasi waktu 5 menit setiap hari akan menjauhkan diri dari kemungkinan terserang gangguan kesehatan. Berikut adalah beberapa kegunaan dan manfaat tertawa bagi tubuh kita, yaitu:

  • Tertawa merupakan salah satu media relaksasi yang paling murah. Dengan tertawa, kelenjar hipofisa yang terdapat dalam otak akan diberikan rangsangan untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon endorphin ini berguna untuk melemaskan syaraf dan otot tubuh yang sebelumnya menegang.
  • Senam wajah. Tertawa lepas tanpa beban juga dapat digunakan untuk senam wajah. Senam wajah yang diakukan secara teratur atau rutin juga dapat menyebabkan otot-otot dan syaraf sekitar wajah mendapatkan latihan yang cukup agar kekencangan dan elastisitas kulit wajah tetap terpelihara.
  • Awet muda. Otot-otot dan syaraf wajah yang tetap terpelihara kekenyalan dan responsnya secara tidak langsung juga akan menyebabkan kulit wajah tetap terpelihara keremajaannya. Awet muda dengan tertawa merupakan cara termudah dan termurah.
  • Tertawa juga dapat digunakan untuk menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh. Keseimbangan hormonal merupakan salah satu syarat tetap terpeliharanya kesehatan tubuh. Gangguan keseimbangan hormon dapat menyebabkan gangguan pada proses metabolisme tubuh, sehingga gangguan kesehatan dapat mudah menyerang.
  • Peredaran darah. Ketika tertawa, irama detak jantung akan lebih cepat dibandingan kondisi normal. Irama detak jantung yang makin meningkat akan menyebabkan proses peredaran oksigen dan nutrisi makanan oleh darah menjadi makin optimal. Optimalnya distribusi oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh organ tubuh akan meningkatkan performa kesehatan tubuh juga.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat tertawa bagi kesehatan yang sebaiknya perlu diketahui. Oleh karenanya, tidak ada salahnya sesekali dalam sepekan meluangkan waktu khusus menikmati tayangan komedi yang dapat memicu tertawa. Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.

Selamat tertawa dan semoga bermanfaat.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.