Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman tradisional yang sering sekali digunakan sebagai media perawatan kesehatan. Hal ini disebabkan kunyit memiliki kandungan senyawa antibakteri yang berguna untuk mengendalikan dan membunuh perkembangbiakan bakteri ataupun jamur yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan apabila dikonsumsi secara teratur. Tidak hanya untuk dikonsumsi, kunyit juga dapat digunakan sebagai lulur ataupun masker yang memiliki banyak manfaat untuk mempertahankan dan menjaga kecantikan kulit dan wajah. Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat kunyit untuk kecantikan, yaitu:

  • Kuning langsat. Kunyit mengandung bahan pewarna alami yang berguna untuk mencerahkan warna kulit sehingga warna kulit akan terlihat kuning langsat. Warna kulit kuning langsat merupakan warna kulit alami khas wanita timur termasuk diantaranya wanita Indonesia.
  • Awet muda. Kandungan antioksidan pada kunyit juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini sehingga penampilan menjadi awet muda, karena antioksidan pada kunyit berguna untuk menangkal radikal bebas yang terdapat pada kualitas udara yang kotor, polusi udara, asap rokok ataupun sisa oksidasi makanan.
  • Elastisitas kulit wajah dan tubuh akan tetap terjaga karena kunyit mengandung semacam senyawa kolagen yang berguna untuk mempertahankan elastisitas antar jaringan penyusun kulit.
  • Penggunaan masker wajah yang terbuat dari kunyit mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan bakteri penyebab jerawat apabila digunakan secara rutin. Tidak hanya jerawat, kulit keriput yang disebabkan kehilangan kelembaban alami kulit juga dapat dicegah karena kandungan minyak atsiri pada kunyit mampu mempertahankan kandungan air dalam jaringan kulit.
  • Kombinasi masker ataupun lulur kunyit dan madu berguna untuk menghaluskan permukaan kulit. Dengan menggunakan campuran kedua jenis bahan tersebut, sel-sel kulit mati ataupun penyumbatan pada pori-pori kulit dapat diangkat, sehingga regenerasi sel kulit dapat berlangsung optimal.

Memang berbagai macam tanaman tradisional khas Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, hanya saja penggunaannya yang kurang optimal menyebabkan banyak orang yang belum mengetahui manfaatnya.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.