Manfaat dan Resiko Mandi Air Hangat

mandi-air-hangat

Seperti halnya mandi air dingin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan seorang pria, mandi air hangat juga memiliki manfaat yang juga tidak sedikit bagi kesehatan. Namun demikian, terlalu sering mandi air hangat juga dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dan resiko mandi air hangat yang saya olah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Mandi dengan air hangat berguna untuk merangsang pori-pori kulit agar lebih terbuka. Pori-pori kulit yang terbuka akan mempelancar keluarnya keringat yang merupakan bagian dari proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh yang sebelumnya sudah diolah melalui ginjal.
  • Peredaran darah. Air hangat juga berguna untuk melancarkan peredaran darah yang sebelumnya terhambat atau tidak lancar. Peredaran darah yang lancar akan menyebabkan distribusi nutrisi makanan dan oksigen ke seluruh bagian tubuh akan lebih optimal.
  • Nyeri sendi. Beberapa nyeri sendi yang diakibatkan gangguan penyakit seperti artritis atau rhematik dapat dikurangi rasa nyerinya. Selain rhematik, beberapa nyeri persendian yang diakibatkan karena asam urat dan pembengkakan tulang sendi juga dapat diringankan.
  • Tubuh memang terasa segar seusai mandi menggunakan air hangat, namun bagi beberapa orang rasa hangat ini perlahan akan menjadi dingin dan mengakibatkan hipotermia ringan seperti menggigil dan detak jantung tak beraturan.
  • Mengurangi kesuburan. Bagi seorang pria, terlalu sering mandi menggunakan air hangat dapat mengurangi kesuburan. Hal ini disebabkan kurang optimalnya fungsi testis dalam memproduksi sel sperma, sehingga sel sperma baru akan membutuhkan waktu yang lama dalam produksi atau pembentukannya.
  • Membahayakan janin. Pada kehamilan trimester pertama, kondisi janin ataupun plasenta dalam rahim masih belum melekat sempurna, sehingga mandi dengan air hangat dapat meningkatkan resiko terjadinya kegagalan kehamilan ataupun gangguan tumbuh kembang janin.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.