Manfaat Berenang bagi Tumbuh Kembang Balita

bayi-berenang

Sebagian besar orang tua terkadang merasa khawatir apabila balita buah hati mereka memiliki tumbuh kembang yang lambat dibandingkan teman-teman sebayanya. Tumbuh kembang yang lambat memang bisa dilihat dan dibandingkan dengan tinggi badan anak-anak seusianya. Walau pertumbuhan tinggi badan tergantung kepada faktor genetik dan nutrisi, namun ada juga cara aman untuk mempercepat tumbuh kembang balita yaitu dengan aktifitas berenang. Menurut penelitian tentang hubungan pertumbuhan dan perkembangan dengan aktifitas berenang pada balita yang dilakukan oleh University of Chicago, disimpulkan bahwa manfaat berenang bagi tumbuh kembang balita memiliki hubungan yang berbanding lurus.

Apa saja manfaat berenang secara rutin bagi balita? Berikut ini akan disajikan beberapa manfaat berenang bagi tumbuh kembang balita, yang saya ambil dari berbagai sumber, yaitu:

  • Meningkatkan metabolisme. Metabolisme tubuh yang berjalan lambat, menyebabkan tumbuh kembang balita menjadi lambat juga, hal ini disebabkan kinerja organ tubuh yang terganggu.
  • Melancarkan peredaran darah. Pergerakan renang yang aktif, akan memicu kinerja jantung, sehingga peredaran darah menjadi lancar.
  • Suplai nutrisi dan oksigen lancar. Peredaran darah yang lancar akan menyebabkan suplai nutrisi makanan dan oksigen yang diperlukan tubuh untuk tumbuh kembang tidak mengalami hambatan.
  • Kinerja hormon dan enzym prima. Hormon dan enzym yang diperlukan untuk tumbuh kembang balita akan diproduksi secara signifikan, akibat suplai nutrisi dan oksigen yang lancar pada organ-organ tubuh penghasil hormon dan enzym.
  • Melatih saraf motorik. Saraf motorik dan keseimbangan tubuh akan dapat dilatih, karena hal utama dalam berenang adalah menjaga keseimbangan tubuh agar tidak tenggelam.
  • Fokus dan konsentrasi. Fokus dan konsentrasi balita akan meningkat, dikarenakan olahraga renang yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.
  • Perkembangan sinapsis sel syaraf otak akan optimal, disebabkan suplai nutrisi dan oksigen ke otak lebih lancar.

Begitu banyaknya manfaat berenang bagi tumbuh kembang balita sebagaimana disebutkan diatas, ada baiknya jika balita mulai dibiasakan mengikuti kegiatan berenang. Kegiatan berenang yang biasa dilakukan bersama-sama, juga akan melatih kemampuan sosialisasi dan menumbuhkan rasa empati.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.