Lolos Google Adsense (Lagi)

Blog ini saya bangun tahun 2016. Setelah migrasi dari pendahulunya, ikayanata.com (2012-2015) dan yanatamath.wordpress.com(2010-sekarang, masih bisa diakses tetapi saya tidak pernah update post disana). Fokus saat membangun blog ini adalah menyediakan self-healing untuk diri sendiri melalui tulisan, dan juga berbagi pengalaman terkait ASI Ekslusif, MPASI dan parenting dengan platform yang lebih bisa menunjukkan personal branding saya. Bahkan kalo ditanya alasan lebih jauhnya (lebih receh tepatnya) adalah saya males mengetik berulang-ulang jawaban terkait tips terkait ASI Ekslusif. Kalau dirangkum dalam bentuk tulisan yang bisa diakses setiap saat diperlukan, kayaknya seru juga. Maka berdirilah blog ini sebagai jawaban kemalesan saya. Tulisan favorit saya tetang ASI Eksklusif bisa dilihat disini : https://ikadesi-b.com/prinsip-manajemen-dan-tips-asip-ala-mommy-una/.  By the way, beberapa tahun lalu saat duo krucil saya masih bayi, saya dikenal sebagai pejuang ASI Eksklusif untuk dua bayi yang udah menjelma menjadi tuan putri di rumah sekarang. 

Nah balik ke blog ini, bergerak dengan pelan tapi pasti, blog ini memiliki pengunjung yang stabil, terutama dari siswa saya sendiri. Karena blog ini saya gunakan juga sebagai alat bantu pembelajaran blended learning. Jadi anak-anak setelah belajar di kelas, untuk kegiatan latihan dan evaluasi saya arahkan mengakses postingan yang ada di blog. Dan sekitar 2018 saya coba ajukan blog ini ke program adsense. Dan lolos. Penghasilan adsense saya ga banyak kok, masih merayap, apalagi dengan kunjungan harian yang masih bilangan ratusan. Tapi bangga aja, bisa lolos adsense. Nah tahun lalu, kisaran mei hingga november 2019 tepatnya, saya disibukkan 2 penelitian, PIKIMat dan INOBEL. Jadilah blog ini tidak terlalu keurus, dan pas ada satu email verifikasi yang tidak saya respon, sehingga berakibat penangguhan adsense. 

Sejak pandemi, secara tak terduga, kunjungan pengunjung kembali stabil. Terutama postingan materi matematika yang dulu saya gunakan bersama siswa saya, ternyata bermanfaatn untuk guru lain. Dan lucunya sampai sekarang saya belum kenal dengan rekan guru tersebut, karena hanya siswanya yang komentar di postingan saya. Isenglah saya cek dasboard adsense, awalnya ga bisa diakses, ga ada yang bisa di-klik. Dan sebulan lalu, saya coba akses lagi, ternyata dasboard adsense aktif, dan bisa klik request PIN, saya coba sajalah request PIN. Eh besoknya kembali lagi tidak aktif dashboard adsensenya.

Ya sudahlah, tidak terlalu dipikirkan juga solusinya, karena memang lagi fokus ke kegiatan PembaTIK Level 4. Eh minggu lalu dapat chat dari temen di sekolah lama kalo ada surat dari Google untuk saya yang nyampe di sekolah. Dan ternyata surat tesebut berisi PIN yang saya sempet request sebelumnya. Setelah PIN ditangan, coba akses dashboard adsense, eh masih belum aktif, tombol pada dashboard masih belim bisa di klik. Coba ajukan masukan (pertanyaan) ke Google, dan syukurnya keesokannya dashboard adsense aktif, dan akhirnya bisa masukin PIN.

Horee.. Iklan sudah bisa tayang nih??? Belum sayangku… Karena selama dashboard adsense ga bisa di klik-klik itu, ternyata ada proses verifikasi identitas yang harus dilalui (ini yang saya lewatkan tahun lalu sepertinya, yang menyebabkan penangguhan). Yang pertama gagal, karena dibilang gambar identitas tidak jelas, kemungkinan karena abis foto kartu identitas, fotonya saya kirim ke WA. Yang kedua ulang, abis foto, saya kirim via kabel data aja, syukur diterima juga yang pengajuan verifikasi kedua. Ini pun per-proses verifikasinya butuh waktu sat harian.

Horee.. Iklan sudah bisa tayang sekarang??? Belum juga sayangku… Masih nunggu beberapa hari untuk indetifikasi kode adsense yang dipasang di blog. Hingga kemaren pagi dapat email kayak di gambar. Yess.. Iklan udah bisa tayang akhirnya??? Hhihihihi…Sabar….Belum juga sayangku… Ternyata ada masalah di ads.txt nya… Oalahhhh apalagi ini, jujur saya ga paham. Akhirnya Googling, modal nekat ubek-ubek c-panel, dan akhirnya beliau-beliau nangkring manis di blog saya.

Saya sama sekali tidak memiliki basic dalam dunia perwebsite-an, semuan hasil belajar otodidak, makanya berasa sensasi belajarnya untuk dikenang dan ditulis pas ketemu masalah seperti ini. Yang udah kepasang adsensenya di blog, dijaga baik-baik ya, dengan rajin menulis sesuai target audience plus rajin share juga, jangan sampe kena penangguhan kayak saya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.