Komunikasi Efektif Bagi Pendidik

charles bonar sirait

Komunikasi adalah suatu keterampilan. Komunikasi tidak hanya berkaitan dengan keterampilan menyampaikan menyampaikan pesan dan mengungkapan isi hati tetapai juga keterampilan dalam mendengarkan. Sebagai penyampai pesan kita harus mampu melakukan komunikasi verbal (baik lisan ataupun tulis), paham akan substansi yang akan disampaikan, kredibel dihadapan audience, bisa memilih media komunikasi yang tepat, mampu mengantisipasi gangguan yang muncul, serta mampu meberikan tanggapan yang tepat bagi audience.

Komunikasi yang efektif akan memenuhi kaidah REACH yang merupakan akronim dari Respect, Empathy, Audible, Clarity, Humble. Respect dalam artian menghormati dan menghargai lawan bicara. Empathy dalam artian mampu memposisikan diri dalam kondisi lawan bicara. Audible dalam artian bahwa pesan dapat diterima dan didengarkan dengan baik. Clarity dalam artian pesan yang disampaikan harus jelas, terbuka, dan transparan. Sedangkan humble dalam artian rendah hati yang harus kita pegang sebagai pembawa pesan.

Komunikasi efektif akan terjadi bila baik pembawa pesan ataupun penerima pesan samasama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Ada tujuh hal yang wajib kita perhatikan untuk membangun komunikasi efektif baik kepada tim ataupun kepada pemangku kebijakan, diantaranya pesan yang jelas, ringkas, konkrit, benar, logis, lengkap, dan yang terpenting adalah santun. Selanjutnya kita harus percaya diri dan interaktif dalam penyampaian pesan, reflektif terhadap pendengar, serta mampu memanajemen waktu sehingga dapat terjadi diskusi interaktif.

Nah sejalan dengan pembahasan tentang komunikasi yang efektif, terutama bagi kita seorang pendidik, pada rangkaian awal dari kegiatan PembaTIK Level 4 Tahun 2020 ada satu sesi materi kuliah umum yang membahasanya, yaitu tentang “Kiat Sukses Bagi Para Pendidik untuk Berkomunikasi dengan Publik” bersama Bang Charles Bonar Sirait, founder CBS School of Communication. Berikut rekaman kegiatan dan infografis materinya.komunikasi efektifkiat komunikasi efektif komunikasi sederhana impactfull communication persuasive communication personal branding popular vs kompeten

sosmed

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan