Kilas Balik ANUGRAH KIHAJAR 2020

Dengan semangat “Penjaga Nyala Api Belajar di Tengah Pandemi COVID-19“, perhelatan akbar ANUGRAH KIHAJAR 2020 telah terlaksana pada Jumat, 4 Desember 2020 di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta. Acara rutin tahunan yang digagas oleh Pusdatin-Kemdikbud RI merupakan malam puncak pemberian anugrah bagi pemenang terpilih dari serangkaian kegiatan Kita Harus Belajar (KIHAJAR), Pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK), dan Membuat Bahan TIK (MembaTIK)

KIHAJAR
Agenda utama KIHAJAR sendiri terdiri atas 3 varian, yaitu KIHAJAR STEM, KIHAJAR  TIK Talks, dan KIHAJAR Explorer. KIHAJAR STEM merupakan wadah eksplorasi siswa dalam pemanfaatan TIK berbasis Sciences, Technology, Engineering, dan Mathematic. KIHAJAR TIK Talks adalah bentuk apresiasi bagi 10 daerah dengan partisipan terbanyak dalam kegiatan KIHAJAR STEM dan optimalisasi pemanfaatan Rumah Belajar, TV Edukasi. dan Suara Edukasi. Kegiatan KIHAJAR TIK Talks dirancang dalam bentuk webinar dengan mengangkat isu pendidikan di daerah, dengan menghadirkan pembicara dari praktisi pendidikan, ahli pembelajaran, dan juga pengembang teknologi pembelajaran. Sedangkan KIHAJAR Explorer merupakan ruang siswa dalam memanfaatkan konten Rumah Belajar, TV Edukasi, dan Suara Edukasi melalui laman instagram tvedukasi_kemdikbud yang dikemas dalam kegiatan edutainment. Dari 64.555 Gen KIHAJAR atau Generasi KIHAJAR, sebutan siswa yang berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan KIHAJAR, terpilih 301 finalis, dan diseleksi kembali untuk mendapatkan 10 terbaik dan 5 video terbaik pada masing-masing kategori untuk setiap jenjangnya. Berikut  rinciannya. 

MembaTIK
Mengusung tema “Merdeka Berkarya”, kegiatan MembaTIK 2020 diikuti oleh 392 peserta. Adapun kategori yang dilombakan dalam ajang MembaTIK ini adalah :
(1) Video Pembelajaran (204 peserta)
(2) Multimedia Interaktif (103 peserta)
(3) Game Edukasi (29 peserta)
(4) Augmented Reality (17 peserta)
(5) Motion Grafik (39 peserta)
Dari 50 karya yang masuk sebagai finalis, diseleksi kembali oleh dewan juri secara daring, sehingga diperoleh 3 pemenang untuk masing-masing kategori. Berikut  rinciannya.

PembaTIK
70.312 guru yang tersebar hampir dari seluruh pelosok Indonesia antusias mengikuti tahapan kegiatan PembaTIK 2020. Dengan sistem seleksi daring pada masing-masing level, diperolehlah 997 guru lolos hingga level terakhir yaitu level berbagi, dan dikukuhkan juga 40 Duta Rumah Belajar Nasional yang mewakili masing-masing provinsi di Indonesia. Berikut  rinciannya.

Malam puncak ANUGRAH KIHAJAR 2020 dilaksanakan secara daring dengan dipandu oleh MC Lucky Frans dan Neneng Putri Sari Ramadhan. Acara ini juga dihadiri oleh Mas Menteri Nadiem Makarim, Sekretaris Jendral Kemdikbud Bapak Ainun Na’im, Plt. Kapusdatin Bapak Hasan Chabibie, para finalis lomba, Sahabat Rumah Belajar, Duta Rumah Belajar, serta tamu undangan lainnya. Parade Tari Nusantara dan penayangan video perjuangan para peserta yang berlaga sepanjang tahun 2020 ini turut memeriahkan acara. Pada kesempatan ini juga, Mas Menteri memberikan apresiasi bagi seluru peserta dan menyatakan bahwa antusiasme semua pihak dalam mengimplementasikan TIK ini mencermikan semangat “Merdeka Belajar” yang sejati. Berikut ringkasan sambutan Mas Menteri Nadiem Makarim.

Dan berikut adalah rekaman acara puncak ANUGRAH KIHAJAR 2020.

Selamat kepada para pemenang. Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam segala rangkaian kegiatan ini. Dan mari bersama kita menjaga Nyala Api Belajar di tengah pandemi sekalipun. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.