Kelainan Hormonal pada Wanita dan Penyebabnya

pil-kb

Pada dasarnya, gangguan ketidakseimbangan hormon seksual merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan organ seksual ataupun organ reproduksi, termasuk diantaranyaa gangguan yang tampak pada pertumbuhan secara fisik. Namun demikian, tidak semua jenis gangguan penyakit pada wanita selalu disebabkan oleh gangguan hormonal, beberapa diantaranya dipicu oleh infeksi bakteri, virus ataupun jamur. Berikut ini beberapa jenis dan penyebab kelainan hormonal pada wanita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Haid tidak teratur. Haid tidak teratur merupakan salah satu penyakit kelainan hormonal pada wanita. Haid tidak teratur ini dipicu oleh siklus menstruasi yang tidak teratur juga. Penyebabnya adalah terjadinya ketidakseimbangan hormon FSH dan LH. FSH merupakan hormon yang bertanggung jawab pada perkembangan dan pematangan sel telur, sedangkan LH berfungsi untuk mempersiapkan kondisi rahim untuk persiapan kehamilan.
  • Beberapa wanita kerap mengalami rasa sakit ketika berhubungan intim. Rasa sakit ini bisa disebabkan oleh kurangnya lubrikasi pada vagina, sehingga vagina menjadi kering dan tidak elastis. Terganggunya elastisitas dan keringnya vagina dapat mengalami kegagalan penetrasi. Kurangnya lubrikasi pada vagia ini bisa disebabkan oleh gangguan hormon esterogen.
  • Bulu lebat. Ada beberapa wanita yang cenderung memiliki bulu yang tumbuh lebat dan subur, bahkan saking suburnya sampai-sampai tumbuh kumis tipis. Pertumbuhan bulu yang lebat pada wanita disebabkan oleh tingginya kadar hormon androgen.
  • ASI sedikit. Keluarnya produksi ASI yang sedikit pada saat menyusui bisa saja disebabkan adanya gangguan pada hormon prolaktin yang bertanggung jawab pada saat wanita mengalami kehamilan dan dalam proses menyusui. Terjadinya ketidakseimbangan produksi hormon prolaktin juga dapat memicu terjadinya gangguan tumbuh kembang janin.
  • Endometriosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tumbuhnya jaringan endometriosis diluar rahim dan diikuti dengan rasa nyeri pada perut bagian bawah dan menjalar hingga tulang panggul. Kista endometriosis ini disebabkan oleh tingginya kadar FSH dan LH serta berpotensi menyebabkan gangguan kesuburan.

Demikianlah beberapa jenis dan penyebab kelainan hormonal pada wanita yang sebaiknya perlu kita ketahui. Akan lebih baik apabila wanita selalu berusaha untuk melakukan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur untuk menghindari terjadinya gangguan keseimbangan hormonal dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.