Kelainan Hormonal pada Wanita dan Efek Sampingnya

efek-samping-hormon

Kelainan hormonal merupakan salah satu gangguan penyakit yang bisa saja disebabkan oleh faktor keturunan ataupun melakukan pola hidup yang kurang sehat. Konsumsi alkohol dan merokok serta biasa menyantap makanan siap saji dan makanan dengan bahan pengawet tinggi merupakan salah satu pola hidup kurang sehat yang biasa dijumpai pada era kemajuan jaman pada saat ini dan merupakan pemicu terjadinya gangguan ketidakseimbangan hormon. Apabila dibiarkan, bukan tidak mungkin gangguan ketidakseimbangan hormonal ini dapat menyebabkan terjadinya kelainan hormonal beserta efek samping yang ditimbulkannya. Berikut ini beberapa jenis dan efek samping kelainan hormonal pada wanita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  • Haid tak teratur. Haid tak teratur merupakan salah satu jenis gangguan kelainan hormonal pada wanita. Efek samping yang dapat ditimbulkan adalah gangguan kesuburan pada wanita. Haid tak teratur dapat menyebabkan kesulitan menentukan usia atau waktu subur seorang wanita, sehingga memperkecil potensi pembuahan sel telur oleh sperma. Sebagaimana diketahui. Potensi kehamilan akan meningkat apabila hubungan seksual dilakukan pada usia subur.
  • Endometriosis merupakan salah satu jenis gangguan penyakit yang disebabkan anomali hormon FSH dan LH. Endometriosis dapat tumbuh pada saluran telur atau tuba falopii, sehingga menyebabkan terganggunya perjalanan sel telur menuju rahim saat ovulasi atau pelepasan sel telur. Terganggunya perjalanan sel telur menuju rahim akan memperkecil terjadinya kehamilan.
  • Kumis dan bulu lebat. Tumbuhnya kumis atau jaringan rambut yang tebal pada bagian tubuh lain serta payudara yang kecil merupakan salah satu jenis gangguan hormonal yang dipicu oleh berlebihannya produksi hormon androgen. Efek samping yang bisa saja terjadi antara lain gangguan kesuburan dan menurunnya kepercayaan diri pada perempuan.
  • Payudara kecil. Gangguan atau ketidakseimbangan produksi hormon esterogen dapat memicu terjadinya gangguan pertumbuhan pada organ fisik dan organ reproduksi. Gangguan pada pertumbuhan organ genital antara lain tumbuhnya payudara yang kecil atau gangguan pada proses lubrikasi dan elastisitas vagina. Selain memperkecil rasa percaya diri, gangguan ini dapat menyebabkan rasa kurang nyaman ketika berhubungan intim dengan pasangan.

Demikianlah beberapa jenis dan efek samping kelainan hormonal pada wanita yang sebaiknya perlu diketahui. Segera lakukan pemeriksaan medis apabila terjadi gangguan hormonal agar dapat segera dilakukan tindakan penanggulangan.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.