Kapan Bayi Mulai Mengenali Lingkungan Sekitarnya?

Mungkin banyak yang belum mengetahui kapan bayi mulai mengenal lingkungan sekitarnya. Menurut berbagai penelitian yang pernah di lakukan, pada dasarnya bayi sudah mulai mengenal lingkungan sekitarnya semenjak bayi masih berbentuk janin. Pada saat memasuki trimester ketiga kehamilan, janin sudah dapat mengenali suara ibunya dan suara bapaknya apabila janin diajak ngobrol sambil mengelus perut ibu yang sedang hamil. Namun demikian, untuk mengetahui dengan pasti kapan bayi mulai mengenal lingkungan sekitarnya ketika telah dilahirkan, dapat diketahui berdasarkan ciri atau tanda yang dapat diamati oleh orangtua. Menurut berbagai sumber, waktu yang tepat ketika bayi mulai mengenal lingkungan sekitarnya ditandai dengan:

  • Pengenalan suara. Bayi mulai bereaksi ketika dipanggil namanya oleh kedua orangtuanya atau pengasuhnya. Keadaan ini biasanya terjadi ketika usia bayi menginjak dua bulan atau kurang dan masih mengandalkan indera pendengaran.
  • Pengenalan bau. Seperti halnya pengenalan suara, bayi terlebih dahulu mengenali bau tubuh ibunya ketika proses menyusui. Pengenalan bau ini terjadi ketika usia bayi kurang dari dua bulan.
  • Pengenalan wajah. Bayi baru bisa mengenali bentuk wajah kedua orangtuanya ataupun orang terdekat yang mengasuhnya ketika usianya mencapai tiga bulan. Pada usia ini, indera penglihatan bayi sudah semakin berkembang, sehingga tidak mengherankan apabila bayi selalu tertegun mengamati orang-orang disekitarnya.
  • Motorik kasar merangkak. Ketika bayi sudah mulai merangkak pada kisaran umur sembilan bulan, bayi akan mengembangkan kemampuan penjelajahan atau eksplorasi sekeliling kamar dan letak ruangan dalam rumah. Cukup awasi dan pindahkan barang atau perabot berbahaya yang berpotensi melukai bayi. Apabila tidak bisa dipindahkan, cukup beri pelindung sekitar perabot berbahaya.
  • Motorik kasar berjalan dan berlari. Ketika bayi sudah mulai bisa berjalan yaitu pada kisaran umur duabelas hingga empatbelas bulan, kemampuan menjelajahnya akan semakin luas. Bayi sudah mengenali dengan baik lingkungan sekitar rumahnya, termasuk diantaranya saudara dan kerabat terdekatnya.

Pada intinya, kemampuan pengenalan lingkungan akan makin bekembang ketika memasuki usia balita, termasuk diantaranya mengenali dengan baik siapa saja tetangga sekitar rumahnya.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.