Kadisdikpora Provinsi Bali : Jadilah Epicentrum Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK

Selasa, 03/11/2020. Hari ini adalah hari penyerahan hadiah kepada juara Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK yang digagas oleh UPTD BP-TEKDIK Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali. Lomba ini diawali serangkaian pelatihan penyusunan video pembelajaran dengan mendatangkan narasumber-narasumber yang kompeten di bidangnya.  Sedangkan pesertanya sendiri tahun ini adalah guru-guru mata pelajaran matematika dan IPA tingkat SMA/SMK/SLB di wilayah Disdikpora Provinsi Bali. Semangat Bapak/Ibu guru ini patut diacungi jempol, karena ditengah persiapan hari raya Galungan saat itu, kegiatan pelatihan secara daring tetap dilakukan tanpa mengubah jadwal kegiatan.

Jadwal, Materi, dan Narasumber Selama Pelatihan

Dari pelatihan ini terkumpul 391 karya video pembelajaran dari guru-guru hebat di Provinsi Bali. Dan setelah melewati masa penjurian yang ketat dan transparan, maka pada hari ini dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para pemenang di Ruang Kadisdikpora Provinsi Bali oleh Kadisdikpora Provinsi Bali langsung. Pada kesempatan ini Bapak Kadisdikpora Provinsi Bali, Dr. KN. Boy Jayawibawa menyatakan apresiasi beliau terhadap seluruh peserta kegiatan dan khususnya untuk para juara. Dan beliau juga menyatakan bahwa dalil kegiatan pengembangan pembelajaran berbasis TIK yang dulu hanya berpusat di kota-kota besar terpatahkan dengan munculnya juara-juara yang pada kegiatan kali ini tersebar hampir di seluruh pelosok Bali. Dan bahwa pengembangan pembelajaran berbasis TIK tidak hanya bergantung kepada sarana-prasarana yang mumpuni dari suatu sekolah, tetapi juga keinginan untuk belajar dan mengembangkan potensi diri dari guru-gurunya. Beliau juga mengapresiasi bahwa sekolah-sekolah yang baru berdiri pun tidak ketinggalan menyumbang juara pada kegiatan ini. Bapak Kadisdikpora Provinsi Bali berpesan untuk para juara untuk terus meningkatkan kompetensi dan tidak lupa berbagi dan menjadi penggerak semangat rekan guru lain, yang bisa dimulai dari sekolah masing-masing terlebih dahulu. Beliau mengistilahkan, “Jadilah epicentrum pengembangan pembelajaran berbasis TIK di sekolah atau komunitas masing-masing”. Karena tidak akan ada gunanya kita bisa sendiri tanpa bersedia berbagi bersama rekan guru lain.

Juara PembaTIK Bali 2020

Ohya ada  empat orang Sahabat Rumah Belajar Bali yang juga lolos menjadi juara di kegiatan ini, dan saya salah satunya, bersama Bu Ruth, Pak Yokta, dan Pak Yuda. Berikut adalah dokumentasi selama kegiatan. 

Surat undangan peserta dapat diunduh di : Surat Undangan
Jadwal Pelaksanaan kegiatan dapat diunduh di : Jadwal Kegiatan
Surat pengumuman juara dapat diunduh di : Surat Pengumuman Juara

Kita semua adalah juara. 391 peserta kegiatan ini adalah bintangnya. Bintang yang akan menjadi epicentrum pengembangan media pembelajaran berbasis TIK.

Ika Desi Budiarti

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.