Jurnal Kebaikan, Pembiasaan Kegiatan Positif Siswa di Masa Pandemi Covid-19

cerdar berkarakter

SMA Negeri 2 Abiansemal adalah salah satu sekolah negeri di Kabupaten Badung yang pada tanggal 3 September 2020 baru saja genap berusia 1 tahun. Sekolah baru memang, tapi tetap dalam setahun perjalanan sekolah ini kami berusaha menghadirkan pendidikan karakter yang humanis melalui teladan dan pelibatan. Merebaknya pandemi Covid-19 tentunya memaksa kami selaku guru untuk tetap dapat membiasakan karakter positif bagi anak-anak sekalipun dalam situasi belajar dari rumah.  Jurnal Kebaikan adalah pilihannya. 

 

Apa Itu Jurnal Kebaikan?

Jurnal Kebaikan adalah salah satu program edukasi karakter yang terinspirasi oleh sistem pendidikan karakter di salah satu sekolah di Irlandia. Sejatinya sistem Jurnal Kebaikan ini, di Irlandia diterapkan untuk siswa tingkat sekolah dasar. Dimana siswa-siswa SD tersebut setiap harinya diminta untuk melakukan satu kebaikan yang sudah ditentukan, atau bebas pada hari-hari tertentu (Sumber : PR Kebaikan).

Jurnal Kebaikan 1 Jurnal Kebaika 2 Jurnal Kebaikan 3 Jurnal Kebaikan 4 JurnalKebaikan 5

Sejalan dengan series webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 oleh Pusat Penguatan Karakter Kemdikbud RI, bahwa karakter berawal dari pembiasaan. Dan untuk melakukan pembiasan kegiatan positif memerlukan sinergi semua pihak baik dari sekolah ataupun lingkungan rumah yang dalam hal ini adalah orang tua. Maka program edukasi Jurnal Kebaikan di SMA Negeri 2 Abiansemal yang mulai di gelontorkan dua bulan sejak anak-anak belajar dari rumah semester kemaren menjadi mendapat penguat, bahwa apa yang telah dilaksanakan selama ini memang tepat bagi anak-anak. 

 

Bagaimana Teknis Pelaksanaan Jurnal Kebaikan?

Berhubung situasi Pandemi saat ini, pemberian instruksi, pengumpulan jurnal, serta pemberian feedback dilakukan berbantuan platform Google Classroom. Sinergi antara wali kelas dan orang tua untuk mengecek jurnal anak setiap harinya sangat berperan dari suksesnya program edukasi ini. 

Dan karena siswa kelas X saat memasuki Tahun Pelajaran 2020/2021 ini belum terlalu mengenal tentang Jurnal Kebaikan, maka disiapkan sesi khusus pada saat pelaksanaan MPLS Virtual. dan selanjutnya diberikan instruksi awal juga pada Google Classroom seperti gambar berikut.

Instruksi awal ini hanya disampaikan kurang lebih 1 minggu saja, selajutnya bentuk instruksi disederhanakan, sebab anak-anak sudah terbiasa dengan teknis jurnal setiap harinya, seperti gambar berikut.

Anak-anak akan mengumpulkan jurnal yang divalidasi orang tua sebagai mitra penting sekolah dalam membangun karakater positif anak. Dan juga jurnal ini disertai satu foto aktivitas positif yang dilakukan yang tentunya harus sinkron dengan apa yang tertulis di jurnal. 

Selanjutnya, wali akan mengecek Jurnal serta memberikan feedback bagi anak-anak, untuk memberikan apresiasi untuk anak-anak yang tetap bersedia berkegiatan positif selama di rumah. Sehingga anak-anak akan tetap semangat dan merasa dihargai karena segala tindakannya mendapat penghargaan yang tepat baik dari orang tuanya juga dari Bapak/Ibu gurunya.

 

Dampak Nyata dari Pelaksanaan Jurnal Kebaikan?

Terbiasanya anak-anak berkegiatan positif selama di rumah di masa Pandemi ini tentunya sudah mulai menunjukkan dampak. Dari segi etika, manajemen waktu, serta disiplin anak-anak. Jurnal ini tidak akan menjadi ajang pencitraan bagi anak-anak, karena yang diminta adalah kegiatan yang memang dilakukan, sederhana sekalipun bagi mereka, asal kegiatan positif pasti mendapat apresiasi. Aspek literasi juga diperkuat melalui jurnal ini, karena slogan “tulis apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu tulis” diterapkan dalam pelaksanaan program edukasi karakter Jurnal Kebaikan ini. 

Kedepan tentunya program ini akan dikembangkan seperti ide aslinya, yaitu dengan menambahkan instruksi untuk mengajak siswa menuliskan kebaikan satu rekan lainnya, dengan harapan bahwa anak-anak selain mampu berbuat kebaikan tetapi juga mampu melihat kebaikan orang lain.

Jurnal Kebaikan 6

Berikut karya anak-anak kami yang terinspirasi dari Jurnal Kebaikan yang mereka lakukan.

 

 

 

Dan berikut adalah webinar series Pembelajaran di Masa Pandemi Covid yang diselenggarakan oleh Pusat Penguatan Karakter Kemdibud RI

 

Semoga Bermanfaat. Salam Cerdas Berkarakter.

 

2 Komentar

Tinggalkan Balasan