IGI Bali #2 | Ragam Inovasi Pembelajaran Bersama Rumah Belajar

Kamis, 08/10/20. Sesi kedua Belajar Bersama Rumah Belajar dalam kegiatan Webinar IGI Bali (WIB). Ohya sesi webinar ini juga dikenal dalam istilah WIB One Week with Sahabat Rumah Belajar.  Satu minggu? Ya, karena sesuai kesepakatan awal dengan tim redaksi IGI Bali TV, webinar ini adalah paket workshop 32 JP. Jadi kegiatan webinar ini dibagi menjadi kegiatan in-service dan on service. In-service akan dilakukan selama 4 hari, mulai tanggal 07/10/20 sampai dengan 10/10/20 dengan kegiatan pemaparan materi terkait Rumah Belajar dan tools-tools pembelajaran alternatif yang dapat dikolaborasikan dalam berinovasi dengan Rumah belajar. Sedangkan sesi on-service adalah penugasan kepada peserta yang telah memenuhi syarat mengikuti minimal 3 kali kegiatan in-service. Penugasan ini berupa penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang terintegrasikan kolaborasi antara Rumah Belajar dengan salah satu tools pembelajaran alternatif yang disajikan oleh pemateri di sesi in-service.

Pemateri Sesi 2

Pada sesi kedua ini, saya dan Bapak I Wayan Suarma yang bertugas menyampaikan materi, dan Bapak I Made Agus Suputrayasa yang bertugas sebagai moderator. Segmen pertama diserahkan kepada Pak Suarma untuk menyampaikan ragam model-model pembelajaran yang cocok diterapkan untuk anak-anak kita yang notabene saat ini adalah anak digital native. Ada Flipped Classroom, Blended Learning, Project Based Learning, Game Based Learning, Discovery-Incuiry, dan SOLE yang dibahas termasuk bagaimana skenario penerapannya dalam pembelajaran. 

Penjelasan Flipped Classroom

Di segmen kedua, giliran saya memaparkan salah satu tools interaktif menunjang kegiatan pembelajaran yang dapat dikolaborasikan dengan Rumah Belajar. Saya menjelaskan tentang Live Worksheets yaitu bentuk lembar kerja online yang interaktif dan menarik untuk dikerjakan siswa. Peserta saya ajak menyimak secara langsung penyusunan Live Wokrsheets per-langkahnya, termasuk mengilustrasikan bagaimana saat siswa mengerjakan Live Worksheets tersebut.

Ilustrasi Pengerjaan Live Worksheets oleh Siswa

Dibalik mulusnya kegiatan di sesi 2 ini, ada cerita lucu yang terselip. Sedianya kegiatan akan dimulai pukul 14.00 WITA, namun sejak pukul 12.00 WITA listrik di rumah saya padam. Hingga pukul 13.15 WITA saya menelpon ke sekolah apakah listrik di sekolah padam atau tidak. Syukurnya tidak padam tetapi WIFI di sekolah sedang gangguan. Tidak apa, karena saya bisa menggunakan WIFI portable pribadi. Sebelum ke sekolah saya lupa memberikan link join masuk ke room streamyard kepada Pak Suarma dan Pak Agus, sehingga paniklah mereka menunggu saya tiba di sekolah. Dan akirnya 15 menit sebelum acara dimulai kita semua baru klop ada di room. Bersyukur sekali kegiatan dapat berlangsung tanpa ada halangan yang berarti walaupun hanya dengan briefing singkat di awal (biasanya pemateri sudah bisa masuk room 1 jam sebelum kegiatan untuk cek hal teknis).

Rekap daftar hadir peserta pada sesi 2 ini dapat dilihat di : Daftar Hadir Sesi 2. Dan rekaman kegiatan dapat dilihat di :

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan