Bu Ruth May on Stage, Berbagi Bersama Rekan ASN Guru Bali Angkatan 2020

Jumat, 09/10/20. Bu Ruth May adalah salah satu Sahabat Rumah Belajar Bali 2020, yang kebetulan satu tempat tugas dengan saya di SMA Negeri 2 Abiansemal. Kamis malam, Bu Ruth menghubungi saya dan meminta ditemani di sesi berbagi bersama rekan-rekan ASN Guru Bali Angkatan 2020 pada hari Jumat, 09/10/20 pukul 19.00 WITA. Saya kira awalnya hanya menemani sebagai host atau moderator, karena kebetulan room saya yang akan digunakan. Tapi ternyata setelah diperlihatkan flyernya, saya sebagai pembicara disini. Tidak menolak dong kesempatan berbagi ini.

Pada sesi ini saya membawakan materi tentang inovasi flipped classroom yang pernah saya lakukan dengan memanfaatkan Rumah Belajar. Begitu pula tentang apa yang harus diperhatikan guru saat merancang pemembelajaran di era PJJ seperti sekarang ini. Pemaparan selanjutnya adalah tentang pengenalan fitur-fitur Rumah Belajar oleh Bu Ruth May. Bu Ruth mempraktikkan secara langsung pemanfaatan Laboratorium Maya dan pengenalan m-edukasi sebagai salah satu alternatif sumber belajar bagi siswa. Kegiatan malam ini dipandu oleh host Bapak Bangun Yeremia.

Satu pertanyaan klasik dari peserta adalah mengenai belum dapat ditemukannya materi pada sumber belajar yang sesuai dengan bidang mata pelajaran peserta tersebut. Ini Merupakan kesempatan bagi kami selaku SRB untuk mengajak rekan-rekan guru lain sebagai kontributor dari Rumah Belajar. Karena Rumah Belajar itu dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Sehingga sekaranglah saat yang tepat kita memenuhi konten di Rumah Belajar dengan karya kita sendiri yang tentunya akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk anak didik kita, tetapi juga untuk anak-anak Indonesia lainnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan