Bolehkah Menggonta-ganti Produk Perawatan Wajah?

Sering mengganti produk perawatan wajah biasa dilakukan oleh kaum wanita untuk mendapatkan jenis produk perawatan wajah yang sesuai. Namun demikian, terlalu sering mengganti produk perawatan wajah juga memiliki efek negatif yang akan menyebabkan berbagai macam dampak dan resiko yang dapat membahayakan kesehatan kulit wajah secara umum. Berikut ini beberapa jenis dan macam resiko yang mungkin timbul akibat terlalu sering gonta-ganti produk perawatan wajah.

  • Elastisitas kulit wajah bisa jadi akan mengalami penurunan. Hal ini bisa disebabkan hilangnya kelembaban alami kulit wajah ataupun rusaknya jaringan penyusun kulit wajah. Antara satu produk dengan produk yang lain pastinya memiliki komposisi kimia yang berbeda, sehingga apabila tingkat adaptasi kulit jelek, maka akan menyebabkan kerusakan jaringan kulit.
  • Warna belang. Mungkin saja warna kulit akan sedikit belang karena terjadi iritasi dan inflamasi pada permukaan jaringan kulit. Terjadinya iritasi atau inflamasi pada permukaan kulit ini akan menyebabkan sel-sel baru pengganti sel kulit yang mati akan mengalami perubahan pigmentasi menjadi lebih gelap dari sebelumnya sehingga menyebabkan warna kulit wajah menjadi belang. Pada keadaan yang parah, bisa saja menyebabkan timbulnya serangan kanker pada kulit wajah.
  • Jerawat bisa jadi tumbuh makin tidak terkendali akibat iritasi ataupun inflamasi pada permukaan kulit serta ditambah dengan aktifitas bakteri berlebih pada permukaan kulit. Apalagi jika bakteri yang menyerang permukaan kulit ini memicu terjadinya jerawat batu, bisa-bisa kulit wajah akan menjadi bopeng-bopeng atau berlubang akibat kerusakan struktur jaringan kulit.
  • Penuaan dini. Kombinasi berbagai macam kerusakan yang menyerang jaringan atau struktur pada kulit wajah kembali normal saat memutuskan untuk mengganti produk kosmetika wajah. Semoga bermanfaat. akan memicu timbulnya kerutan pada wajah yang merupakan pertanda terjadinya penuaan dini.

Demikianlah beberapa jenis dan macam resiko yang mungkin timbul akibat terlalu sering gonta-ganti produk perawatan wajah. Hindari penggantian kosmetika seketika itu juga. Beri jeda minimal satu minggu agar kondisi kulit wajah kembali normal saat memutuskan untuk mengganti produk kosmetika wajah.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.