Bahan-bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Membersihkan Rumah

Home sweet home, mungkin pepatah ini sering sekali didengar. Rumah yang bersih, indah dan bebas dari sarang penyakit merupakan tempat yang paling nyaman didunia. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila berbagai jenis bahan pembersih rumah yang ditawarkan lewat toko atau supermarket selalu menjadi tujuan berikutnya setelah sembako ketika berbelanja bulanan. Namun demikian, sebenarnya masih ada lho bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah selain produk kemasan yang ditawarkan oleh industri, antara lain sebagai berikut.

  • Lemon atau jeruk nipis. Lemon atau jeruk nipis dapat digunakan untuk membersihkan perabot rumahtangga yang terbuat dari kuningan. Gunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur sedikit sabun untuk membersihkan kotoran bandel yang melekat pada kuningan. Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan lemak dan bau amis sisa makanan yang terdapat pada piring kotor atau peralatan masak.
  • Kapur tulis dapat digunakan untuk membersihkan permukaan perabot yang terbuat dari kaca seperti meja, jendela ataupun kaca rias. Cukup pulaskan kapur tulis basah pada permukaan dan tunggu hingga mengering. Setelah mengering, barulah bersihkan permukaan kaca menggunakan kain atau lap kering. Kotoran yang menempel pada permukaan kaca akan terangkat seluruhnya dan kaca atau cermin akan terlihat bersih tanpa noda.
  • Daun sirih. Daun sirih dapat digunakan sebagai desinfektan atau pembunuh bakteri ketika akan mengepel permukaan lantai. Sudah menjadi rahasia umum bahwa permukaan lantai merupakan tempat yang paling banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab gangguan kesehatan.
  • Minyak kelapa. Pada jaman dahulu, minyak kelapa digunakan untuk mengkilapkan permukaan lantai yang terbuat dari ubin. Walaupun pada saat sekarang penggunaan ubin sudah jarang digunakan dan masyarakat cenderung memilih penggunaan keramik, minyak kelapa dapat digunakan untuk memelihara dinding ataupun tembok dari pemudaran warna cat.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.