Ada Apa Dengan Flyer?

belajar-bersama-rumah-belajar

Senin, 05/10/20. Yang lumrah itu kan AADC, nah dalam perjalanan PembaTIK Level IV ini saya ketemunya AADF alias Ada Apa Dengan Flyer? Banyak yang menunggu cerita ini, karena di salah satu postingan di sosial media, saya pernah menulis “akan selalu ada cerita dibalik peristiwa“. Saya acungi jempol flyer ini, saya suka banget. Salam hormat untuk ide brilian rekan SRB Bali 2020, Agus Suputrayasa, bapak guru youtuber kita. Beliau baru mengenal Canva, tapi sudah berhasil mengulik jeroannya dengan lebih fasih daripada saya yang sudah kenal dari 2016. 

Oke cerita tentang flyer ini saya awali dari turunnya ijin dari pimpinan redaksi IGI BaliTV Bapak Mahendra Eka Purusa untuk mengajak rekan-rekan SRB Bali 2020 mengisi kegiatan Webinar di TV edukasi mandiri milik IGI Wilayah Bali tersebut. Saya diminta untuk mengatur paket kegiatan workshop dengan sertifikat 32JP. Saya sanggupi, bahkan untuk moderator akan diambil dari tim SRB. Dari tim redaksi hanya perlu menyiapkan administrasi dan operator Streamyard. Rencana awal, sedianya rekan SRB yang akan tampil di Webinar IGI Bali adalah 4 orang, yaitu saya sendiri, Bapak Wayan Suarma, Bapak Agus Suputrayasa, Bapak Edy Bangkit Saputra. Tapi melihat jika berempat saja, syarat 32 JP agak berat dalam pembagian materi, jadi kami sepakat menghubungi 2 teman SRB lagi yaitu Bapak Edy Pariawan dan Bapak Yuda Andika. Dan syukurnya beliau berdua menyanggupi, apalagi karena memang beliau berdua ini adalah trainer IGI. Pak Edy trainer Sagusablog, sedangkan Pak Yuda trainer Sagusavi.

igi-balitvChat WA dengan Pimpinan Redaksi IGI BaliTV

Hingga Minggu, 04/10/20, jadwal dan pemateri sudah fix, tinggal menunggu dikirim flyer oleh tim redaksi untuk di post ke sosial media dan jaringan lainnya. Sayangnya, minggu malam, saya mendapat kabar kalo Pak Mahendra Eka Purusa, yang biasanya membuatkan flyer, tangannya keselo. Sehingga flyer belum bisa diselesaikan. Beliau meminta saya mengambil alih pembuatan flyer dan harus beres senin siang. Saya segera hubungi Bapak Agus Suputrayasa, karena memang beliau sudah memiliki template untuk kegiatan Roadshow SRB. Saya siapkan aset-aset untuk flyer dan Bapak Agus membuatkan team sharing di Canva, sehingga flyer bisa dikerjakan bersama-sama. 

Senin, 05/10/20 pagi, salah satu rekan SRB, Bapak Fajar Ananda menghubungi saya, dan menanyakan apakah beliau masih bisa bergabung dalam kegiatan webinar IGI Bali ini. Nah kebetulan karena di jadwal saya ada tampil dua kali, saya tawarkan beliau mengisi salah satu jadwal saya. Dan beliau menyanggupi mengambil sesi yang tentang H5P. Ricek jadwal, ternyata ada jadwal Bapak Agus yang dua kali tampil, akhirnya kami sepakati mencari rekan lain untuk mengisi salah satu jadwal Bapak Agus. Saya mencoba menghubungi Ibu Utami Dewi, dan syukur sekali beliau ada jadwal kosong pada hari Rabu di sesi pertama segmen kedua. Jadi senin pagi baru fix team yang akan tampil di Webinar IGI Bali.

jadwal-webinar

Cerita ini menjadi seru, karena kebetulan saya, Bapak Agus, dan Bapak Yuda sedang mengikuti kegiatan PembaTIK Lokal Bali untuk guru Matematika dan IPA tingkat SMA/SMK/SLB. Tugas dalam kegiatan tersebut adalah membuat video pembelajaran ala Rumah Belajar dengan deadline Selasa, 06/10/20. Dan karena kesibukan, proses take video baik saya ataupun Bapak Agus baru bisa berlangsung minggu sore. Setelah take video saya tidak mengecek hasil dulu (huhuhuhu cerobohnya saya) dan langsung saya tinggal untuk persiapan kegiatan NgoPi Yuk!. Selesai kegiatan NgoPi Yuk!, saya juga harus edit artikel jurnal hasil penelitian yang saya ajukan ke JAPRI Edukasi karena senin pagi sudah harus saya setor ke panitianya. Saya baru sadar bahwa audio tidak masuk kedalam video saya senin siang, setelah pengaturan personel webinar dan jurnal beres (flyer saat itu belum selesai). Sedangkan cerita lain dari Pak Agus adalah video yang beliau ambil minggu sore, dan sudah sempat di edit semalaman, corrupt dan tidak berhasil diselamatkan.

Oke mari tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Mari atur skala prioritas. Flyer yang lebih urgent karena untuk penjaringan peserta yang kegiatannya akan dimulai Rabu, 07/10/20. Dengan ketersediaan fitur team sharing di Canva akhirnya flyer ini beres juga dan siap dipost senin sore. Walaupun memang sebagian besar sudah dibereskan oleh Bapak Agus. Saya dan tim lainnya hanya memperbaiki layout yang masih kurang pas posisinya saja. Senin sore setelah flyer dipost, dan saya akhirnya mengulang mengambil video, begitupula Bapak Agus. Bersyukur naskah video memang sudah siap, sehingga proses editing menjadi lebih cepat dan akhirnya tugas video tersebut berhasil saya kumpulkan tepat waktu di hari Selasa, 06/10/20.

Kenapa ga dubbing aja? Nah ilmu ini belum saya kuasai, terutama karena saya menerapkan sistem sekali tekan tombol rekam, dan di dalamnya pastinya banyak pengulangan krn tidak menggunakan teleprompter. Sekali tekan tombol rekam ini juga bagi saya berguna menjaga kestabilan hasil chromakey dan audio karena hanya perlu di-setting sekali di awal editing.

Saya banyak belajar dari pengalaman ini. Belajar mengatur suatu event, belajar mengorganisir team, belajar menjadi humas, belajar memanajemen waktu dengan baik, belajar mengambil keputusan yang tepat, bahkan belajar mengendalikan dan mengatur emosi, serta menentukan skala prioritas.  Flyer ini memberi makna mendalam, karena tidak hanya sekedar flyer, tapi pelajaran berharga dibaliknya hingga dia bisa muncul di sosial media  dan jaringan saya. 

Berikut video yang saya buat untuk tugas PembaTIK Lokal Bali. Video ini kalah jauh dengan hasil peserta-peserta lain. Tapi yang saya suka adalah bahwa temen-temen memiliki potensi yang keren2 dan akhirny bermunculan melalui kegiatan ini. Yuk mari banjiri dunia internet dengan konten-konten positif layak anak. 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan