Trigonometri: Manfaat, Satuan Sudut, dan Perbandingan Trigonometri

trigonometri-1

Trigonometri adalah suatu sistem perhitungan yang berkaitan dengan panjang dan sudut pada segitiga. Trigonometri banyak membantu disiplin ilmu lain dalam perhitungannya, seperti astronomi (dan termasuk navigasi, di laut, udara, dan angkasa), teori musik, akustik, optik, analisis pasar finansial, elektronik, teori probabilitas, statistika, biologi, pencitraan medis/medical imaging (CAT scan dan ultrasound), farmasi, kimia, teori angka (dan termasuk kriptologi), seismologi, meteorologi, oseanografi, berbagai cabang dalam ilmu fisika, survei darat dan geodesi, arsitektur, fonetika, ekonomi, teknik listrik, teknik mekanik, teknik sipil, grafik komputer, kartografi, kristalografi.
Berikut penjelasan beberapa manfaat trigonometri dalam kehidupan.

  • Pada Bidang Astronomi, trigonometri bermanfaat dalam menenentukan ukuran benda-benda langit, begitupula jaraknya (ga mungkin hitungnya pakai penggaris kan… hehehe)
  • Pada Bidang Teknik Sipil, trigonometri bermanfaat dalam menentukan luas dan keliling tanah, menentukan kemiringan jalan, menentukan tinggi gedung/menara/jembatan
  • Pada Bidang Navigasi, trigonometri bermanfaat dalam menentukan jarak antara pantai dengan suatu titik di laut
  • Pada Bidang Geografi, trigonometri bermanfaat dalam menentukan tinggi suatu gunung
  • Pada Bidang Oseanografi, trigonometri bermanfaat dalam menentukan tinggi gelombang air laut
  • Pada Bidang Arsitektur, trigonometri bermanfaat dalam menentukan kemiringan atap, beban struktural, efek bayangan matahari dan sudut cahaya terhadap karya arsitektur
  • Pada Bidang Fisika, grafik fungsi sinus dan cosinus merupakan dasar bagi teori fungsi periodik, seperti gelombang cahaya dan gelombang suara
  • Pada Bidang Kesehatan, trigonometri berperan dalam pencitraan medis dan farmasi

Dan banyak lagi manfaat trigonometri dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Nah untuk yang pertama, sebelum memasuki pengenalan trigonometri, kita akan mempelajari mengenai satuan sudut terlebih dahulu. Silakan simak video berikut ya.

Kemudian lanjutkan menonton penjelasan tentang perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku dalam video berikut ya.

Diskusi:

Diketahui suatu segitiga ABC, siku-siku di C. Jika panjang sisi AC adalah 3 cm dan panjang sisi BC adalah 4 cm. Tentukanlah nilai dari sin A; Cos A; tan A; cosec B; sec B; dan cotan B.

Tulis jawabanmu di kolom komentar di bawah. Ingat tulis juga nama, kelas, dan nomor absenmu ya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan